Memodifikasi adalah
cara merubah bentuk sebuah barang dari yang kurang menarik menjadi lebih
menarik tanpa menghilangkan fungsi aslinya, serta menampilkan bentuk yang lebih
indah atau bagus dari bentuk aslinya.
Banyak para bikers melakukan modifikasi pada tunggangannya
atau motornya, terutama yang paling mencolok saat ini adalah memodifikasi
pelek. Memodifikasi pelek memang susah-suasah gampang, pasalnya memodifikasi
pelek juga tidak boleh asal-asalan, yakni harus menyesuaikan dengan sirkuit
yang di lewati. Contoh kecil adalah memodifikasi pelek khusus untuk ajang balap
lurus (Drag Bike).
Pelek khusus Drag Bike, ada beberapa bagian di rim yang
dilubangi, fungsinya agar menjadi ringan. “memotong pada beberapa palang pelek,
tapi memotongya juga tidak sembarangan dan bukan palang inti yang dipotong.
Misalnya, ingin mengadopsi pelek Suzuki Satria F-150 cc,” tutur Bapak Hanafi
Lim selaku punggawa bengkel Tekno Tuner di Jl. Kembang Baru No. 33, Jakarta
Barat.
Berbeda dengan Pendapat Produsen Pelek seperti PT Chemco
Harapan Nusantara (CHN), pabrikan pelek aftermarket merek Chemco di Indonesia
menegaskan bahwa memodifikasi pelek
signifikan, sangat tidak pernah direkomendasikan. “Di dalam Pabrik, proses
pembuatan pelek dijaga dengan sangat ketat mulai dari pemilihan bahan baku
pelek hingga Casting atau percetakan. Ketika ada sedikitpun ruang yang
tidak terisi oleh bahan baku pembuatan pelek, maka pelek tersebut dinyatakan
sebagai pelek cacat. Karena, ruang
kosong tersebut akan mengurangi kelenturan dan daya tahan subuah pelek”, kata
Chrisna Permata selaku Marketing PT CHN.
Lantas bagaimana dengan teknik
grafis atau pengecetan pada pelek? Bachtiar Kemal Harahap (Mekanik Bengkel
LD Garage, Jl. H. Sakub NO. 30, Depok, Jawa Barat) menuturkan bahwa,
mengaplikasikan teknik grafis atau pengecetan sering dipakainya demi melayani
para konsumen. Namun, belum ada keluhan atau masalah yang di timbulkan pada
teknik ini. Teknik grafis hanya mengikis 1,5 milimeter (mm) dari permukaan pelek.
Jadi, teknik ini tidak akan berimbas pada durability pelek.
Kesimpulannya, modifikasi pelek yang extrim akan beresiko
bagi pengendaranya.
META
Judul :
Beresiko Atau Tidak Memodifikasi Pelek?
Deskripsi : Memodifikasi adalah cara merubah
sebuah barnag dari yang kurang menarik menjadi lebih menarik tanpa
menghilangkan fungsi aslinya, serta menampilkan bentuk yang lebih indah atau
bagus dari bentuk aslinya.
Kata kunci :
Memodifikasi
Kata kunci :
Memodifikasi pelek
Kata kunci :
Teknik Grafis
URL :
http://read.motorplus-online.com/read/eyB/4/0/Aman-Enggak-Modifikasi-Pelek
http://otomotif.kompas.com/read/2015/10/26/080700915/Modifikasi.Sepeda.Motor.Kini.Bisa.Dijemput
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Semoga Bermanfaat :-)