Jumat, 01 April 2016

Tips Meperbaiki Starter Motor Yang Rusak


Untuk para bikers mania keselamatan berkendara di jalan raya adalah segalanya dan sangat penting. Hal paling utama adalah mengecek bagian-bagian terpenting motor, salah satunya adalah starter motor. Jika starter motor rusak atau macet di karenakan hal-hal tertentu seperti soket yang berkarat karena terkena air hujan atau kabel penghubung yang putus maupun akinya mati ataupun komponen lainnya yang rusak sehingga para bikers harus mengunakan cara kedua, yaitu “kick starter” atau dalam bahasa kasarnya “Engkol”. Ada pula cara yang lebih extrim yaitu dengan mendorongnya dengan berlari kemudian menungganginya di barengi dengan memasukkan gigi 1 pada perseneleng mesin.
 Jika Starter motor rusak semua cara tersebut sangat kurang nyaman dan kurang simple jika di bandingkan dengan men-starter motor. Untuk memperbaiki starter motor yang rusak, ada baiknya memeriksa gejala-gejala yang menyebabkan starter motor rusak sehingga anda dapat dengan mudah menemukan solusinya.
Berikut ini hal-hal yang menyebabkan starter motor rusak dan tips untuk memperbaikinya:
1.      Aki atau baterai
Hal sepele yang menyebabkan starter motor rusak adalah aki atau baterai, komponen ini sangat penting pengaruhnya bagi kendaraan bermotor seperti untuk menyalakan klakson, lampu sent atau lampu utama dan yang lebih utama adalah untuk men-starter motor. Bila para bikers men-starter motor tetapi motor belum kunjung menyala setelah mengejek tombol starter, segeralah mengecek aki atau baterainya apakah masih ada aliran listriknya atau tidak. Jika tidak anda harus mengisinya kembali ke bengkel terdekat yang menyediakan jasa pengisian aki atau baterai.

2.      Rangkaian starter
Bila aki atau baterai masih normal maka langkah selanjutnya adalah mengecek rangkaian starter motor mulai dari kabel penghubung, tombol starter dan soket-soketnya. Bila kabel penghubungnya putus kita dapat menyambungnya tetapi jika soket atau tombolnya yang rusak kita harus membersihkannya. Biasanya soket tersebut berkarat dikarenakan saat terkena air hujan atau terkena sisa air waktu mencuci motor. Jadi para bikers harus membungkar tombol dan membersihkan soketnya dengan melumurinya dengan minyak atau anda bisa menggunakannya dengan oli bekas di bagian yang berkarat lalu menggosoknya dengan hati-hati.
3.      Relay starter atau bendik
Bila aki dan rangkaian starter motor tidak bermasalah berarti langkah selanjutnya harus mengecek relay starter atau bendik. Langkah yang paling mudah untuk mengetahui menghubungkan 2 baut yang mengikat kabel dengan obeng, jika starter menyala berarti bendiknya rusak dan minta diganti.

4.      Dinamo atau motor starter
Untuk mengetahui dinamo atau motor starter rusak yaitu: ketika kunci dalam posisi ON kemudian motor di starter hanya terdengar bunyi suara “ctek-ctek” tetapi mesin motor belum kunjung hidup meskipun komponen yang lainnya telah di periksa dan masih normal, bisa di pastikan bahwa dinamo atau switch dinamo starter motor mulai rusak/bermasalah.
Ada dua hal yang menyebabkan dinamo atau motor starter rusak yakni brush atau sikat yang sudah aus atau kumparan di dalam dinamo putus. Jika brush atau sikatnya saja yang rusak para bikers bisa menggantikanya dengan brush yang baru, tetapi jika kumparanya yang putus, sebaiknya serahkan kepada ahlinya (tukang servis dinamo).

META
Judul                     : Tips Memperbaiki Starter Motor Yang Rusak
Deskripsi              : jika starter motor rusak atau macet di karenakan hal-hal tertentu seperti soket yang berkarat karena terkena air hujan atau kabel penghubung yang putus maupun aki mati ataupun komponen lainya yang rusak sehingga para bikers harus menggunakan cara kedua, yaitu “kick starter atau dalam bahasa motornya “engkol”.
Kata kunci           : Starter Motor Rusak
Kata kunci 2        : Starter motor yang rusak
Kata kunci           : Starter motor

Kata kunci           : Motor starter rusak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Semoga Bermanfaat :-)